Menu

SELAMAT BELAJAR...KEJUJURAN HARGA MATI

Kamis, 27 Juli 2017

PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA KURIKULUM 2013 (KURTILAS)

Kurikulum 2013 bertujuan menciptakan insan Indonesia yang memiliki kompetensi sikap, pengetahuan dan ketrampilan sehingga dapat menjadi pribadi dan warganegara yang produktif, kreatif, inovatif, dan memiliki budi luhur. Oleh karena itu siswa dituntut memiliki kemampuan berpikir kritis, dan konstruktif sehingga mampu menyumbangkan ilmunya kelak dalam kehidupan dunia kerja maupun bermasyarakat.

Tujuan pembelajaran dalam pembelajaran dengan Kurikulum 2013 ini memiliki 3 aspek yaitu:
1. Aspek pengetahuan (kognitif)
2. Aspek ketrampilan (psikomotor)
3. Aspek Sikap (afektif)
Ketiga aspek tersebut terintegrasi dalam setiap proses pembelajaran

Untuk meraih keberhasilan pada ketiga aspek tersebut, maka perlu kekompakan dan kerjasama yang baik antara guru dengan siswa . Guru sebagai fasilitator harus siap mengantarkan siswa agar mereka mampu menjadi insan yang aktif , kreatif, dan inovatif. Sebaliknya siswa juga harus aktif dan proaktif dalam menyambut setiap instruksi maupun arahan guru dalam pembelajaran. Siswa tidak lagi akan menerima suapan ilmu dari guru, tetapi justru pancingan ilmu dari guru. Dengan kata lain, guru tidak akan lagi memberikan ikan kepada siswa, tetapi memberikan kail/ pancing agar siswa mendapatkan ikan dengan caranya sendiri.

Ilmu geografi saat ini berkembang sangat pesat, tetapi perkembangan yang pesat jika tidak dibarengi dengan informasi yang memadai akan tidak ada artinya. Dalam tataran dunia pendidikan, siswa dan guru harus bersinergi ketika memberi dan menerima ilmu selama proses pembelajaran. Guru akan selalu mengembangkan ketrampilannya mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi agar tidak gagap teknologi (gaptek).

Aneka informasi kegeografian dapat diakses dari internet, demikian juga yang berkaitan dengan pembelajaran. salah satunya melalui blog yang saya buat ini. Sengaja saya buat untuk menjalin komunikasi dengan siswa. Baik digunakan unutk mencari materi, sekedar membaca, ataupun mengerjakan beberapa soal secara on line melalui blog ini.

Materi demi materi akan diposting untuk memudahkan dan membuat siswa cinta dengan geografi. Sebab selama ini pelajaran geografi dirasakan sebagai beban. Siswa menganggap belajar geografi tdak menarik dan membosankan karena penuh dengan hafalan.

No...No..No...

Saya masih penasaran untuk  membuat siswa mencintai bumi dan alam semesta melalui belajar geografi. Yang pada akhirnya akan menguatkan keimanan siswa kepada Sang Pencipta.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar