Menu

SELAMAT BELAJAR...KEJUJURAN HARGA MATI

Sabtu, 13 Januari 2018

MENYUSUN LAPORAN KARYA INOVATIF DALAM PENGUKURAN SKP GURU

Ditulis: Erna Hikmati hidayah

SKP singkatan dari Sasaran Kerja Pegawai. Setiap pegawai diharuskan untuk memiliki target dan laporan kerja tiap tahunnya. Demikian juga dengan guru. Dengan kompetensi yang dimilikinya, guru masih harus selalu kreatif untuk meningkatkan kualitas diri dalam kerja dan pembelajarannya. 
Ada yang menganggap sebagai beban, tetapi tidak sedikit juga yang menganggapnya sebagai bagian dari dinamika kerja. Dinikmati karena dirasa akan menjadi salah satu sarana mampu menunda kepikunan, bagi guru yang usianya sudah berkepala empat. Betapa tidak? Setiap hari berpikir dan bertindak untuk menjadikan siswanya berdaya dan berkarakter pada masa sekarang dan yang akan datang.  Semoga menjadi ladang pahala ketika para guru menjalaninya dengan tanpa pamrih. 

Hal sekecil apapun dalam kerja, jika kita mau menuliskannya, hasilnya akan baik, barokah dan semoga membawa manfaat bagi sesama. 

Pada tulisan kali ini, saya akan berbagi tentang cara penyusunan laporan hasil karya yang sering dilaksanakan oleh guru. Guru sering membuat hasil karya pembelajaran, tetapi sering juga tidak tahu bahwa kerjanya tersebut dihargai dalam penilaian SKP yang mulai tahun 2016, guru wajib membuat SKP setiap tahun. Dimulai dari target yang dibuat setiap awal tahun,dan diakhiri dengan laporan yang dibuat minimal setiap akhir tahun sebagai evaluasi pencapaian target kerja. 

Susuna pelaporan ini saya ambil dari Buku 4 Pedoman PKB ( Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) dan angka kreditnya :buka pada 

Format laporan Hasil Karya Inovatif:

Halaman judul
Halaman pengesahan oleh kepala sekolah/madrasah
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar
Bab I. PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
B.Tujuan
C.Manfaat

Bab II. LANDASAN TEORETIK/TINJAUAN PUSTAKA
A.Teori Umum(sesuai dengan materi eksperimen)
B.Teori Teknis (sesuai dengan materi eksperimen)

Bab III. PROSEDUR DAN HASIL EKSPERIMEN
A.Persiapan Eksperimen
1.Obyek dan variabel eksperimen
2.Alat dan bahan yang digunakan
3.Langkah-langkah penyiapan eksperimen

B.Pelaksanaan eksperimen
1.Langkah-langkah eksperimen
2.Hasil eksperimen

Bab IV. KESIMPULAN DAN SARAN
A.Kesimpulan
B.Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN :
A.Data rincian eksperimen
B.Foto pelaksanaan eksperimen

C.Bukti pendukung lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar