Menu

SELAMAT BELAJAR...KEJUJURAN HARGA MATI

Selasa, 30 Mei 2017

TIPS BERBUKA PUASA DAN SAHUR YANG SEHAT 1

Pengin selalu sehat di selama b;an Ramadhan kan? Nah agar tetap sehat dan produktif selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, ada beberapa tips yang bisa disimak dan bagus untuk  dilakukan.

Berikut tips sehat saat sahur dan berbuka puasa.
1. Sahur :
Sahur merupakan sunah puasa Maka usahakan lakukan makan sahur,. Usahakan menu sahur sehat juga seperti menu buka puasa . karbohidrat, lemak, protein . Agar sehat, sebaiknya makanan diolah dalam bentuk rebusan . Namun jika jika terlambat sahur, tetap boleh minum sampai Imsak. Jadi tidak ada alasan untuk tidak sahur sekalipun dengan seteguk air putih.
2. Sehabis salat Subuh, sebaiknya tidak langsung tidur. Namun, kalau tetap ingin tidur, baiknya tidur dengan bantal tinggi.
4.Awali hari dengan banyak bertilawah . Bagi siswa, mahasiswa, maupun pekerja, hal ini akan menambah stamina dalam beraktivitas. Silakan dicoba
5. Saat buka puasa, buka dengan yang manis-manis. Sebaiknya dari manis buah bisa dalam bentuk jus atau minimal teh manis yang encer. Konsumsi 3 buah kurma. Boleh ditambah 1 buah kue kecil.
Di samping sunah buka puasa, mengkonsumsi buah segar  dalam keadaan perut kosong merupakan salah satu cara melawan kanker. 
6. Makan besar prinsipnya tetap bukan mendobelkan makan siang dengan makan malam. Porsi tetap seperti makan malam. Sebaiknya tetap menghindari makanan yang berlemak dan hindari gorengan yang berlebihan. Sunahnya makan dan minum tetapi jangan berlebihan.

7. Usahakan tetap mengosumsi 8-10 gelas sehari. 4 gelas saat buka sampai sholat Taraweh, 2-3 gelas setelah Sholat Taraweh dan 2-3 gelas saat bangun Sahur sampai Imsak.
8. Hal penting, selain kita memikirkan apa yang akan kita makan saat Sahur dan Berbuka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar